Salah Satu Bakat Anakmuda Tobing

Salah Satu Bakat Anakmuda Tobing
Sebentar lagi mau ikut Audisi

Kamis, 18 November 2010

Generasi Muda Tobing se-Dunia (GMTS) Terbentuk, Berpusat di Medan


Generasi Muda Tobing se-Dunia (GMTS) Terbentuk, Berpusat di Medan

Posted in Medan Kita by Redaksi on September 13th, 2009
Medan (SIB)
Para putra-putri marga Lumban Tobing yang terhimpun dalam Keluarga Besar Generasi Muda Tobing se-Dunia (GMTS) yang baru terbentuk di Medan, Sumatera Utara, siap berperan sebagai mitra kerja atau barisan pendukung pembangunan pada tujuh sektor kebutuhan masyarakat.
Kandidat Ketua Umum (Ketum) GMTS yang berkedudukan di Medan, Ir T Manimpan (IVAN) Lumban Tobing, menyatakan barisan muda marga Tobing selama ini dikenal dengan potensi dan dedikasi yang tinggi sehingga banyak putra-putri keluarga marga ini yang sudah sukses di berbagai bidang dan disiplin ilmunya masing-masing, baik di lingkungan kampung sendiri, kota perantauan, atau luar negeri.
“Generasi Muda Tobing Se-dunia (GMTS) ini dibentuk untuk ‘berbuat sesuatu’ secara nyata di tengah masyarakat, atas potensi SDM yang terkandung selama ini. Kami hadir untuk ikut berperan aktif sebagai mitra dalam tujuh sektor pembangunan yang telah kami agendakan melalui departemen-departemen GMTS,” ujar Ivan Tobing kepada pers di Medan, Senin (7/9) kemarin.
Bersama kandidat Ketua I Jo Wagner L Tobing dan Sekum Dominggus L Tobing serta Sekretaris I James F Siahaan SE, dia mengutarakan hal itu sehubungan acara Diskusi Pra-Deklarasi GMTS di aula Balai Wara Tiara Convention Center Medan, pada Minggu malam (6/9) pekan lalu. Hadir pada acara itu sejumlah tokoh dan sesepuh marga Lumban Tobing dari keluarga besar Punguan Pomparan Si-raja Lumbantobing dohot Boruna (PPSLB) Sumut dan Kota Medan, antara lain: Jannus L Tobing MBS (Penasehat DPD PPSLB Sumut), Drs Maju PL Tobing MM (Ketua PPSLB Kota Medan), Tumpal L Tobing, Thomson Tobing, Ir Timbul Wismar Tobing, Pdt Juliver Tobing, Pdt Saut P Tobing, Sarlandy Hutabarat (pihak boru), Rosmawaty L Tobing, dll.
Hadir juga tokoh muda PPSLB Erikson L Tobing yang dikenal sebagai sang motivator marga Tobing di daerah ini, serta para kandidat pengurus GMTS: Maruli L Tobing, Haryanto Tobing SH, Andi Tobing, Agustus Tobing, Dozer Tobing, Pahala Tobing, Banuara Sianipar SH, dll. Lebih dari itu, acara itu juga dihadiri secara khusus oleh Bunthora Situmorang, putra Batak dan artis nasional yang datang secara khusus secara spontan dengan biaya sendiri dari Jakarta begitu mendengar agenda pembentukan organisasi masyarakat GMTS tersebut.
Acara diskusi itu berlangsung seru dengan nuansa semangat saling mendorong dan motivasi antara para sesepuh dan generasi muda atau putra-putri marga Lumban Tobing tersebut. GMTS yang dibentuk dengan misi ‘Berbagi Untuk Sesama’ itu juga menetapkan satu jargon khusus: To Be One Tobing sebagai wujud misi persatuan dan kesatuan keluarga besar marga Lumban Tobing mulai dari jajaran leluhur hingga barisan generasinya, mulai dari tingkat kampung halaman (bona pasogit), hingga semua penjuru perantauan (Luat na dao) di Medan, Jakarta (ibukota), dan pulau lainnya di Indonesia plus yang di luar negeri.
Ivan yang juga salah satu pengusaha sukses di Medan itu menegaskan, wadah GMTS ini sebenarnya sudah digagas jauh-jauh dari sebelum pembentukan organisasi induk marga PPSLB di Sumut (Agustus 2008) maupun di kota Medan. Wadah atau Ormas GMTS ini berpusat di Medan karena berbagai faktor prinsip, yaitu faktor dominasi komunitas yang menghimpun mayoritas warga Batak termasuk kalangan marga Tobing sendiri, lintas komunikasi sebagai tempat efektif dan praktis sebagai pusat pertemuan dan hubungan dari kampung ke perantauan, plus faktor efektifitas sosial-ekonomi sebagai medium percepatan realisasi program internal maupun eksternal.
“GMTS ini juga menetapkan 7 Visi & Misi selain ke-7 program kerja itu. Ke-7 Visi-Misi itu adalah: Pengembangan dan peningkatan SDM, Jajak Potensi Generasi Muda, Aksi Sosial untuk ‘Berbagi kepada Sesama’, Tindak Advokasi kemanusiaan dan lingkungan hidup termasuk penyuluhan upaya penanggulangan kenakalan remaja dan penggunaan narkoba, jalin komunikasi aktif dengan para ‘keluarga muda Tobing’ di mancanegara, pelestarian seni budaya dan adat batak, dan Jalin persatuan dan kesatuan dengan semua pihak dengan bekal ‘To be one Tobing,’ Ke-7 visi-misi itulah yang menjadi dasar acuan kerja pada tujuh sektor kegiatan dalam pembangunan di daerah ini,” paparnya optimis.
Saat ini, katanya, pihaknya selaku barisan deklator saat ini sedang konsentrasi pada agenda deklarasi resmi, yang meliputi penetapan para personalia pengurus, penasehat, pelindung, dsb. Selain itu, pihaknya juga mengharapkan dorongan dan bimbingan dari para sesepuh dalam bentuk partisipasi nyata secara aktif untuk mewujudkan kinerja GMTS ke-depan. (M9/y)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar